ku mau selalu bersyukur

Thursday, March 24, 2022

HIDUP BERKENAN DAN DISENANGI TUHAN

 _BERAKAR DAN BERBUAH_


HIDUP BERKENAN DAN DISENANGI TUHAN


RHEMA HARI INI

Kisah Para Rasul 10:4 Ia menatap malaikat itu dan dengan takut ia berkata: “Ada apa, Tuhan?” Jawab malaikat itu: “Semua doamu dan sedekahmu telah naik ke hadirat Allah dan Allah mengingat engkau.


Sebuah tragedi kebakaran membuat sepasang suami istri pemulung terpisah dengan Noori, anjing kesayangan mereka. Tuannya terbaring di rumah sakit, dengan kaki dan tangan di gips. Sedangkan istrinya meninggal pada kebakaran tersebut. Sementara Noori, masih setia menanti tuannya di rumah yang sudah menjadi puing. Tim penyelamat mengevakuasi Noori, merawat lukanya, dan memberinya makan, tetapi ia tidak mau memakannya. Akhirnya, setelah dibawakan barang-barang milik tuannya dan diputarkan video tuannya yang sakit, Noori baru mau makan. Saat mendapatkan kabar tentang anjingnya, tangis pemulung itu pecah. "Apa yang ia lakukan? Ia bisa saja pergi, mengapa ia tetap ada disana?" Berita tentang kesetiaan Noori ini menjadi perhatian dan mengundang simpati masyarakat, sehingga mereka mendonasikan rumah baru untuk pemulung dan anjingnya itu. 


Apa yang dilakukan Noori, tidak hanya menyentuh hati tuannya, tetapi juga berhasil menyentuh hati banyak orang. Kisah tersebut mengingatkan pada seorang pria di Alkitab yang hidupnya diingat oleh Tuhan, yaitu Kornelius. Kornelius adalah seorang yang saleh serta takut akan Allah dan ia memberi banyak sedekah kepada umat Yahudi dan senantiasa berdoa kepada Allah. Apa yang sudah dikerjakan Kornelius di dalam hidupnya, bukan hanya diingat Tuhan, tetapi juga membuat hati Tuhan tersentuh. Itu sebabnya, ketika Kornelius berdoa, datanglah seorang malaikat yang mengatakan bahwa semua doanya dan sedekahnya telah naik ke hadirat Allah dan Allah mengingatnya. Singkat cerita, Kornelius dan seluruh keluarganya menerima karunia Roh Kudus melalui pelayanan Rasul Paulus. 


Kisah hidup Kornelius adalah contoh baik yang perlu kita teladani. Orang yang hidupnya diingat Tuhan, pasti akan menerima anugerah besar. Oleh karena itu, ambillah komitmen untuk konsisten mengerjakan apa yang disukai Tuhan, berlaku setia, dan tulus hati, sehingga kita akan memiliki hidup yang senantiasa diingat Tuhan. Andalkan Roh Kudus dalam setiap langkah dan rencana kita, maka kita akan melihat bagaimana Tuhan berkarya secara luar biasa dalam hidup kita dan kita pun akan memiliki hidup yang berarti di mata Tuhan.


RENUNGAN

Milikilah hidup yang *SENANTIASA DIINGAT* Tuhan.


APLIKASI

1. Bagaimana kehidupan Anda selama ini? Sudahkah Anda melakukan yang berkenan di hadapan Tuhan?

2. Menurut Anda, mengapa penting bagi kita agar memiliki hidup yang senantiasa diingat Tuhan?

3. Komitmen apa yang akan Anda ambil agar memiliki hidup yang diingat Tuhan senantiasa? Renungkanlah.


DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan Yesus, terima kasih untuk segala kebaikan-Mu dalam hidup kami. Ajar kami agar senantiasa konsisten mengutamakan dan menyenangkan Engkau dalam setiap langkah kami. Sehingga hidup kami berkenan dan senantiasa Engkau ingat. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”


BACAAN ALKITAB SETAHUN

Mazmur 94-96

Roma 15:14-33

Allah,pembela keadilan

Mazmur 94:1-23

1 Ya Allah pembalas, ya TUHAN, ya Allah pembalas, tampillah! 

2 Bangunlah, ya Hakim bumi, balaslah kepada orang-orang congkak apa yang mereka lakukan! 

3 Berapa lama lagi orang-orang fasik, ya TUHAN, berapa lama lagi orang-orang fasik beria-ria? 

4 Mereka memuntahkan kata-kata yang kurang ajar dan semua orang yang melakukan kejahatan itu menyombong. 

5 Umat-Mu, ya TUHAN, mereka remukkan, dan milik-Mu sendiri mereka tindas; 

6 janda dan orang asing mereka sembelih, dan anak-anak yatim mereka bunuh; 

7 dan mereka berkata: "TUHAN tidak melihatnya, dan Allah Yakub tidak mengindahkannya." 

8 Perhatikanlah, hai orang-orang bodoh di antara rakyat! Hai orang-orang bebal, bilakah kamu memakai akal budimu? 

9 Dia yang menanamkan telinga, masakan tidak mendengar? Dia yang membentuk mata, masakan tidak memandang? 

10 Dia yang menghajar bangsa-bangsa, masakan tidak akan menghukum? Dia yang mengajarkan pengetahuan kepada manusia? 

11 TUHAN mengetahui rancangan-rancangan manusia; sesungguhnya semuanya sia-sia belaka. 

12 Berbahagialah orang yang Kauhajar, ya TUHAN, dan yang Kauajari dari Taurat-Mu, 

13 untuk menenangkan dia terhadap hari-hari malapetaka, sampai digali lobang untuk orang fasik. 

14 Sebab TUHAN tidak akan membuang umat-Nya, dan milik-Nya sendiri tidak akan ditinggalkan-Nya; 

15 sebab hukum akan kembali kepada keadilan, dan akan diikuti oleh semua orang yang tulus hati. 

16 Siapakah yang bangkit bagiku melawan orang-orang jahat, siapakah yang tampil bagiku melawan orang-orang yang melakukan kejahatan? 

17 Jika bukan TUHAN yang menolong aku, nyaris aku diam di tempat sunyi. 

18 Ketika aku berpikir: "Kakiku goyang," maka kasih setia-Mu, ya TUHAN, menyokong aku. 

19 Apabila bertambah banyak pikiran dalam batinku, penghiburan-Mu menyenangkan jiwaku. 

20 Masakan bersekutu dengan Engkau takhta kebusukan, yang merancangkan bencana berdasarkan ketetapan? 

21 Mereka bersekongkol melawan jiwa orang benar, dan menyatakan fasik darah orang yang tidak bersalah. 

22 Tetapi TUHAN adalah kota bentengku dan Allahku adalah gunung batu perlindunganku. 

23 Ia akan membalas kepada mereka perbuatan jahat mereka, dan karena kejahatan mereka Ia akan membinasakan mereka; TUHAN, Allah kita, akan membinasakan mereka. 

Hormatilah Tuhan,dan taatilah Dia

Mazmur 95:1-11

1 Marilah kita bersorak-sorai untuk TUHAN, bersorak-sorak bagi gunung batu keselamatan kita. 

2 Biarlah kita menghadap wajah-Nya dengan nyanyian syukur, bersorak-sorak bagi-Nya dengan nyanyian mazmur. 

3 Sebab TUHAN adalah Allah yang besar, dan Raja yang besar mengatasi segala allah. 

4 Bagian-bagian bumi yang paling dalam ada di tangan-Nya, puncak gunung-gunung pun kepunyaan-Nya. 

5 Kepunyaan-Nya laut, Dialah yang menjadikannya, dan darat, tangan-Nyalah yang membentuknya. 

6 Masuklah, marilah kita sujud menyembah, berlutut di hadapan TUHAN yang menjadikan kita. 

7 Sebab Dialah Allah kita, dan kitalah umat gembalaan-Nya dan kawanan domba tuntunan tangan-Nya. Pada hari ini, sekiranya kamu mendengar suara-Nya! 

8 Janganlah keraskan hatimu seperti di Meriba, seperti pada hari di Masa di padang gurun, 

9 pada waktu nenek moyangmu mencobai Aku, menguji Aku, padahal mereka melihat perbuatan-Ku. 

10 Empat puluh tahun Aku jemu kepada angkatan itu, maka kata-Ku: "Mereka suatu bangsa yang sesat hati, dan mereka itu tidak mengenal jalan-Ku." 

11 Sebab itu Aku bersumpah dalam murka-Ku: "Mereka takkan masuk ke tempat perhentian-Ku." 

Allah,Tuhan dan hakim dari seluruh dunia

Mazmur 96:1-13

1 Nyanyikanlah nyanyian baru bagi TUHAN, menyanyilah bagi TUHAN, hai segenap bumi! 

2 Menyanyilah bagi TUHAN, pujilah nama-Nya, kabarkanlah keselamatan yang dari pada-Nya dari hari ke hari. 

3 Ceritakanlah kemuliaan-Nya di antara bangsa-bangsa dan perbuatan-perbuatan-Nya yang ajaib di antara segala suku bangsa. 

4 Sebab TUHAN maha besar dan terpuji sangat, Ia lebih dahsyat dari pada segala allah. 

5 Sebab segala allah bangsa-bangsa adalah hampa, tetapi TUHANlah yang menjadikan langit. 

6 Keagungan dan semarak ada di hadapan-Nya, kekuatan dan kehormatan ada di tempat kudus-Nya. 

7 Kepada TUHAN, hai suku-suku bangsa, kepada TUHAN sajalah kemuliaan dan kekuatan! 

8 Berilah kepada TUHAN kemuliaan nama-Nya, bawalah persembahan dan masuklah ke pelataran-Nya! 

9 Sujudlah menyembah kepada TUHAN dengan berhiaskan kekudusan, gemetarlah di hadapan-Nya, hai segenap bumi! 

10 Katakanlah di antara bangsa-bangsa: "TUHAN itu Raja! Sungguh tegak dunia, tidak goyang. Ia akan mengadili bangsa-bangsa dalam kebenaran." 

11 Biarlah langit bersukacita dan bumi bersorak-sorak, biarlah gemuruh laut serta isinya, 

12 biarlah beria-ria padang dan segala yang di atasnya, maka segala pohon di hutan bersorak-sorai 

13 di hadapan TUHAN, sebab Ia datang, sebab Ia datang untuk menghakimi bumi. Ia akan menghakimi dunia dengan keadilan, dan bangsa-bangsa dengan kesetiaan-Nya. 

Paulus menjelaskan dasar-dasar tulisannya

Roma 15:14-21

14 Saudara-saudaraku, aku sendiri memang yakin tentang kamu, bahwa kamu juga telah penuh dengan kebaikan dan dengan segala pengetahuan dan sanggup untuk saling menasihati.

15 Namun, karena kasih karunia yang telah dianugerahkan Allah kepadaku, aku di sana sini dengan agak berani telah menulis kepadamu untuk mengingatkan kamu,

16 yaitu bahwa aku boleh menjadi pelayan Kristus Yesus bagi bangsa-bangsa bukan Yahudi dalam pelayanan pemberitaan Injil Allah, supaya bangsa-bangsa bukan Yahudi dapat diterima oleh Allah sebagai persembahan yang berkenan kepada-Nya, yang disucikan oleh Roh Kudus. 

17 Jadi dalam Kristus aku boleh bermegah tentang pelayananku bagi Allah. 

18 Sebab aku tidak akan berani berkata-kata tentang sesuatu yang lain, kecuali tentang apa yang telah dikerjakan Kristus olehku, yaitu untuk memimpin bangsa-bangsa lain kepada ketaatan, oleh perkataan dan perbuatan,

19 oleh kuasa tanda-tanda dan mujizat-mujizat dan oleh kuasa Roh. Demikianlah dalam perjalanan keliling dari Yerusalem sampai ke Ilirikum aku telah memberitakan sepenuhnya Injil Kristus.

20 Dan dalam pemberitaan itu aku menganggap sebagai kehormatanku, bahwa aku tidak melakukannya di tempat-tempat, di mana nama Kristus telah dikenal orang, supaya aku jangan membangun di atas dasar, yang telah diletakkan orang lain, 

21 tetapi sesuai dengan yang ada tertulis: "Mereka, yang belum pernah menerima berita tentang Dia, akan melihat Dia, dan mereka, yang tidak pernah mendengarnya, akan mengertinya."  

Harapan paulus untuk datang ke Roma

Roma 15:22-33

22 Itulah sebabnya aku selalu terhalang untuk mengunjungi kamu. 

23 Tetapi sekarang, karena aku tidak lagi mempunyai tempat kerja di daerah ini dan karena aku telah beberapa tahun lamanya ingin mengunjungi kamu,

24 aku harap dalam perjalananku ke Spanyol aku dapat singgah di tempatmu dan bertemu dengan kamu, sehingga kamu dapat mengantarkan aku ke sana, setelah aku seketika menikmati pertemuan dengan kamu.

25 Tetapi sekarang aku sedang dalam perjalanan ke Yerusalem untuk mengantarkan bantuan kepada orang-orang kudus. 

26 Sebab Makedonia dan Akhaya telah mengambil keputusan untuk menyumbangkan sesuatu kepada orang-orang miskin di antara orang-orang kudus di Yerusalem.

27 Keputusan itu memang telah mereka ambil, tetapi itu adalah kewajiban mereka. Sebab, jika bangsa-bangsa lain telah beroleh bagian dalam harta rohani orang Yahudi, maka wajiblah juga bangsa-bangsa lain itu melayani orang Yahudi dengan harta duniawi mereka.  

28 Apabila aku sudah menunaikan tugas itu dan sudah menyerahkan hasil usaha bangsa-bangsa lain itu kepada mereka, aku akan berangkat ke Spanyol melalui kota kamu.

29 Dan aku tahu, bahwa jika aku datang mengunjungi kamu, aku akan melakukannya dengan penuh berkat Kristus. 

30 Tetapi demi Kristus, Tuhan kita, dan demi kasih Roh, aku menasihatkan kamu, saudara-saudara, untuk bergumul bersama-sama dengan aku dalam doa kepada Allah untuk aku,

31 supaya aku terpelihara dari orang-orang yang tidak taat di Yudea, dan supaya pelayananku untuk Yerusalem disambut dengan baik oleh orang-orang kudus di sana,

32 agar aku yang dengan sukacita datang kepadamu oleh kehendak Allah, beroleh kesegaran bersama-sama dengan kamu.

33 Allah, sumber damai sejahtera, menyertai kamu sekalian! Amin. 

GBI Keluarga Allah Global Cell Church

www.gbika.org | 0899-789-5000

❤ Love God, 💓Love People, 🔥with Passion

0 comments:

Post a Comment