ku mau selalu bersyukur

Thursday, June 9, 2016

PILIHAN YANG MEMBAWA PADA TUJUAN YANG SEJATI

Roma 11:25-36 (TB)  Sebab, saudara-saudara, supaya kamu jangan menganggap dirimu pandai, aku mau agar kamu mengetahui rahasia ini: Sebagian dari Israel telah menjadi tegar sampai jumlah yang penuh dari bangsa-bangsa lain telah masuk.
Dengan jalan demikian seluruh Israel akan diselamatkan, seperti ada tertulis: "Dari Sion akan datang Penebus, Ia akan menyingkirkan segala kefasikan dari pada Yakub. 
Dan inilah perjanjian-Ku dengan mereka, apabila Aku menghapuskan dosa mereka."
Mengenai Injil mereka adalah seteru Allah oleh karena kamu, tetapi mengenai pilihan mereka adalah kekasih Allah oleh karena nenek moyang.
Sebab Allah tidak menyesali kasih karunia dan panggilan-Nya.
Sebab sama seperti kamu dahulu tidak taat kepada Allah, tetapi sekarang beroleh kemurahan oleh ketidaktaatan mereka,
demikian juga mereka sekarang tidak taat, supaya oleh kemurahan yang telah kamu peroleh, mereka juga akan beroleh kemurahan.
Sebab Allah telah mengurung semua orang dalam ketidaktaatan, supaya Ia dapat menunjukkan kemurahan-Nya atas mereka semua.
O, alangkah dalamnya kekayaan, hikmat dan pengetahuan Allah! Sungguh tak terselidiki keputusan-keputusan-Nya dan sungguh tak terselami jalan-jalan-Nya!
Sebab, siapakah yang mengetahui pikiran Tuhan? Atau siapakah yang pernah menjadi penasihat-Nya?
Atau siapakah yang pernah memberikan sesuatu kepada-Nya, sehingga Ia harus menggantikannya?
Sebab segala sesuatu adalah dari Dia, dan oleh Dia, dan kepada Dia: Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya!
Ester adalah seorang gadis yatim piatu,yang dibesarkan oleh saudara ayahnya ,Mordekhai.Tidak dicatat dalam Alkitab bagaimana keseharian Ester ketika ia kecil.Tetapi kenyataannya Ester tumbuh menjadi gadis cantik dan cerdas,lebih dari gadis-gadis seusianya,sehingga dialah yang terpilih menjadi ratu,menggantikan ratu Wasti yang dibuang.Dan kisah hidupnya menceritakan,Ester berhasil mengerjakan panggilan hidup yang dimilikinya,yaitu menyelamatkan bangsanya dari pembunuhan masal karena dendam Haman atas bangsa Yahudi,sekalipun nyawa menjadi taruhannya.
Apa yang menarik dari kisah di atas?Ester punya banyak pilihan dimasa hidupnya.Ia bisa saja memilih untuk meratapi nasibnya yang tidak memiliki ayah dan ibu.Ia bisa juga memilih untuk melarikan diri mengejar apa keinginan hatinya saat ia ikut terpilih untuk masuk ke istana untuk menjadi calon ratu.Dan ia juga bisa memilih untuk diam saat Haman ingin memusnahkan bangsanya,bangsa Yahudi.Tetapi itu semua tidak menjadi pilihan Ester.Ester tidak fokus untuk memikirkan kepentingannya dirinya sendiri saat ia berhadapan dengan pilihan.Ia tidak mengikuti apa yang dirasa dan dipikirkan baik bagi dirinya sendiri.Tetapi Ester melangkah dalam tuntunan Tuhan dan ia berhasil memenuhi tujuan hidup yang dimilikinya.
Sama seperti Ester,Anda pun memiliki pilihan-pilihan itu.Jika Anda memiliki latar belakang yang sangat buruk,ingatlah bahwa Ester juga seorang yatim piatu,tetapi Ester berhasil untuk tidak meratapi nasibnya.Jika karena keadaan Anda terpaksa harus putus sekolah,ingatlah bahwa Ester pun pernah seolah direnggut masa depannya dengan harus masuk ke istana untuk menjadi calon ratu.Jika Anda harus mempertaruhkan hal-hal penting dalam hidup Anda untuk taat pada tuntunan Tuhan,ingatlah bahwa Ester pun pernah mempertaruhkan nyawanya untuk mengerjakan panggilan hidupnya.Dan Anda harus percaya bahwa kekuatan Tuhan yang memampukan saat itu tersedia juga bagi Anda saat ini.
Karena itu,jadilah sama seperti Ester yang tetap melihat jauh ke depan dan tetap percaya akan tuntunan-Nya daripada melihat kenyataan dan diri sendiri.Percayalah bahwa saat Anda mempercayakan langkah kaki Anda ke dalam tuntunan Tuhan,Anda akan menemukan hal-hal besar dari tujuan sejati dari hidup Anda.Tetapi tuntunan Tuhan tidak akan pernah  Anda dapatkan selama masih fokus dari diri sendiri.Percayalah,Dia yang sudah memberikan Anda suatu kehidupan yang bermakna dan sebuah tujuan yang jelas dan besar.Lepaskan pandangan Anda dari diri Anda sendiri dan lihatlah jauh ke depan.Anda  akan menemukan dan memiliki kehidupan yang benar-benar hidup!

0 comments:

Post a Comment