ku mau selalu bersyukur

Sunday, November 20, 2016

WUJUD NYATA BELAS KASIHAN


I. ADA 2 SISI BELAS KASIHAN
a.  Satu sisi,kita menerima kasih.Sisi lain kita perlu membagikan kasih.
  • Matius 5:7 (TB)  Berbahagialah orang yang murah hatinya, karena mereka akan beroleh kemurahan.
b.  Ada siklus kemurahan hati.
  • Yakobus 2:13 (TB)  Sebab penghakiman yang tak berbelas kasihan akan berlaku atas orang yang tidak berbelas kasihan. Tetapi belas kasihan akan menang atas penghakiman.
c.  Seberapa besar kesediaan kita untuk bermurah hati,menentukan kapasitas berkat Tuhan yang akan mengalir dalam hidup kita.
II.WUJUD NYATA PELAYANAN KASIH.
a. Markus 1:40-45 (TB)

40 Seorang yang sakit kusta datang kepada Yesus, dan sambil berlutut di hadapan-Nya ia memohon bantuan-Nya, katanya: "Kalau Engkau mau, Engkau dapat mentahirkan aku." 

41 Maka tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan, lalu Ia mengulurkan tangan-Nya, menjamah orang itu dan berkata kepadanya: "Aku mau, jadilah engkau tahir."


42 Seketika itu juga lenyaplah penyakit kusta orang itu, dan ia menjadi tahir. 

43 Segera Ia menyuruh orang itu pergi dengan peringatan keras: 

44 "Ingatlah, janganlah engkau memberitahukan apa-apa tentang hal ini kepada siapa pun, tetapi pergilah, perlihatkanlah dirimu kepada imam dan persembahkanlah untuk pentahiranmu persembahan, yang diperintahkan oleh Musa, sebagai bukti bagi mereka."

45 Tetapi orang itu pergi memberitakan peristiwa itu dan menyebarkannya kemana-mana, sehingga Yesus tidak dapat lagi terang-terangan masuk ke dalam kota. Ia tinggal di luar di tempat-tempat yang sepi; namun orang terus juga datang kepada-Nya dari segala penjuru. 

Galatia 6:9 (TB)  Janganlah kita jemu-jemu berbuat baik, karena apabila sudah datang waktunya, kita akan menuai, jika kita tidak menjadi lemah.

b. Seperti apa wujud nyata belas kasihan itu?
b 1.Belas kasihan membuat mata kita bisa melihat kebutuhan orang lain.
   • Ada orang yang menderita secara fisik maupun perasaan.
   • Tanpa belas kasihan,maka masalah,target pribadi,situasi dan kondisi akan membuat kita menutup mata terhadap kebutuhan orang lain
b 2.Belaskasihan menggerakkan kita menjamah/menolong orang yang membutuhkan.
  • Markus 1:40 (TB)  Seorang yang sakit kusta datang kepada Yesus, dan sambil berlutut di hadapan-Nya ia memohon bantuan-Nya, katanya: "Kalau Engkau mau, Engkau dapat mentahirkan aku."

  • Orang kusta ini tahu bahwa Yesus punya kuasa,tapi dia tidak yakin bahwa Yesus mau menggunakan kuasa-Nya untuk menyembuhkan dia.
  • Markus 1:41-42 (TB)

41 Maka tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan, lalu Ia mengulurkan tangan-Nya, menjamah orang itu dan berkata kepadanya: "Aku mau, jadilah engkau tahir."

42 Seketika itu juga lenyaplah penyakit kusta orang itu, dan ia menjadi tahir.(YESUS BUKAN HANYA MAMPU,TETAPI YESUS JUGA MAU)
  • Sekarang ini Dia melakukan semuanya itu melalui kita sebagai Tubuh Kristus.
  • Pertanyaannya:Apa kita bersedia?
  • Yesaya 58:5-7 (TB)
5 Sungguh-sungguh inikah berpuasa yang Kukehendaki, dan mengadakan hari merendahkan diri, jika engkau menundukkan kepala seperti gelagah dan membentangkan kain karung dan abu sebagai lapik tidur? Sungguh-sungguh itukah yang kausebutkan berpuasa, mengadakan hari yang berkenan pada TUHAN? 
6 Bukan! Berpuasa yang Kukehendaki, ialah supaya engkau membuka belenggu-belenggu kelaliman, dan melepaskan tali-tali kuk, supaya engkau memerdekakan orang yang teraniaya dan mematahkan setiap kuk, 
7 supaya engkau memecah-mecah rotimu bagi orang yang lapar dan membawa ke rumahmu orang miskin yang tak punya rumah, dan apabila engkau melihat orang telanjang, supaya engkau memberi dia pakaian dan tidak menyembunyikan diri terhadap saudaramu sendiri! 
   • Belaskasihan bukan sekedar perasaan atau perkataan saja.
   • Belaskasihan artinya kita masuk dalam kehidupan orang tersebut untuk melepaskan mereka dari keadaan tersebut.
   • Yesaya 58:8-12 (TB)
8 Pada waktu itulah terangmu akan merekah seperti fajar dan lukamu akan pulih dengan segera; kebenaran menjadi barisan depanmu dan kemuliaan TUHAN barisan belakangmu. 
9 Pada waktu itulah engkau akan memanggil dan TUHAN akan menjawab, engkau akan berteriak minta tolong dan Ia akan berkata: Ini Aku! Apabila engkau tidak lagi mengenakan kuk kepada sesamamu dan tidak lagi menunjuk-nunjuk orang dengan jari dan memfitnah, 
10 apabila engkau menyerahkan kepada orang lapar apa yang kauinginkan sendiri dan memuaskan hati orang yang tertindas maka terangmu akan terbit dalam gelap dan kegelapanmu akan seperti rembang tengah hari. 
11 TUHAN akan menuntun engkau senantiasa dan akan memuaskan hatimu di tanah yang kering, dan akan membaharui kekuatanmu; engkau akan seperti taman yang diairi dengan baik dan seperti mata air yang tidak pernah mengecewakan. 
12 Engkau akan membangun reruntuhan yang sudah berabad-abad, dan akan memperbaiki dasar yang diletakkan oleh banyak keturunan. Engkau akan disebutkan "yang memperbaiki tembok yang tembus", "yang membetulkan jalan supaya tempat itu dapat dihuni".
  • BELAS KASIHAN ADALAH KUNCI DOA YANG DIJAWAB.

0 comments:

Post a Comment