ku mau selalu bersyukur

Wednesday, July 27, 2016

LIHAT SISI BAIKNYA DAN PUJILAH


Efesus 4:17-32 (TB)  Sebab itu kukatakan dan kutegaskan ini kepadamu di dalam Tuhan: Jangan hidup lagi sama seperti orang-orang yang tidak mengenal Allah dengan pikirannya yang sia-sia
dan pengertiannya yang gelap, jauh dari hidup persekutuan dengan Allah, karena kebodohan yang ada di dalam mereka dan karena kedegilan hati mereka.
Perasaan mereka telah tumpul, sehingga mereka menyerahkan diri kepada hawa nafsu dan mengerjakan dengan serakah segala macam kecemaran.
Tetapi kamu bukan demikian. Kamu telah belajar mengenal Kristus.
Karena kamu telah mendengar tentang Dia dan menerima pengajaran di dalam Dia menurut kebenaran yang nyata dalam Yesus,
yaitu bahwa kamu, berhubung dengan kehidupan kamu yang dahulu, harus menanggalkan manusia lama, yang menemui kebinasaannya oleh nafsunya yang menyesatkan,
supaya kamu dibaharui di dalam roh dan pikiranmu,
dan mengenakan manusia baru, yang telah diciptakan menurut kehendak Allah di dalam kebenaran dan kekudusan yang sesungguhnya.
Karena itu buanglah dusta dan berkatalah benar seorang kepada yang lain, karena kita adalah sesama anggota. 
Apabila kamu menjadi marah, janganlah kamu berbuat dosa: janganlah matahari terbenam, sebelum padam amarahmu 
dan janganlah beri kesempatan kepada Iblis.
Orang yang mencuri, janganlah ia mencuri lagi, tetapi baiklah ia bekerja keras dan melakukan pekerjaan yang baik dengan tangannya sendiri, supaya ia dapat membagikan sesuatu kepada orang yang berkekurangan.
Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun, di mana perlu, supaya mereka yang mendengarnya, beroleh kasih karunia.
Dan janganlah kamu mendukakan Roh Kudus Allah, yang telah memeteraikan kamu menjelang hari penyelamatan.
Segala kepahitan, kegeraman, kemarahan, pertikaian dan fitnah hendaklah dibuang dari antara kamu, demikian pula segala kejahatan.
Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu.


Karo Oh,seorang pakar relationship,dalam artikelnya yang berjudul 'The Power of a Compliment,'menjelaskan bahwa memberikan pujian kepada orang lain akan memberikan dampak positif yang sangat besar.Tidak hanya bagi orang yang dipuji,tetapi juga bagi pihak yang memberikan pujian.Salah satu manfaatnya adalah meningkatkan rasa percaya diri dan menciptakan motivasi bagi seseorang yang diberikan pujian.Pujian yang tulus dan didasari dengan kasih akan memberikan suatu dukungan untuk melihat hal yang baik dalam sebuah kegagalan yang terburuk sekalipun.Hal ini disebabkan karena pada  dasarnya manusia diciptakan oleh Tuhan dalam keadaan yang sungguh sangat baik.Karena itu,pasti selalu ada hal baik di dalam kegagalan.Pujian yang berlandaskan kasih yang tulus akan mampu mengungkapkan hal itu.
Jika ada seorang suami yang belum berhasil mendapat pekerjaan padahal sudah berusaha seharian kesana-kesini mencari pekerjaan,jika seorang anak datang dengan kegagalan dalam perlombaan yang diikutinya,jika ada seorang istri yang masih banyak kekurangan dalam mengurus rumah tangganya,perkataan seperti apakah yang mereka butuhkan saat itu?Akan ada perbedaan yang besar jika kata-kata yang mereka dengar adalah perkataan membangun yang menguatkan. "Tidak apa-apa,aku tahu kamu sudah berusaha.Kamu tidak gagal,hanya belum menemukan pekerjaan yang tepat.."Atau perkataan ini,"Perjuanganmu hebat,saya bangga melihatnya."Tetapi pasti berbeda jika yang didengar adalah perkataan menyalahkan,kekecewaan dan menghakimi.
Sadarkah Anda bahwa perkataan yang menyalahkan dan menghakimi sesungguhnya malah berpotensi besar untuk menghancurkan hal baik yang sesungguhnya ada dalam diri pasangan Anda,anak Anda bahkan diri Anda sendiri dan juga berpotensi menghancurkan hubungan yang Anda miliki.
Bagaimana caranya supaya Anda bisa selalu memberikan perkataan yang baik,pujian yang membangun?Mintalah kekuatan dari Tuhan.Isilah pikiran Anda dengan Firman yang akan membuat pikiran Anda penuh dengan hal yang baik.Jika pikiran Anda baik,apa yang keluarpun pasti adalah hal yang baik.Dan belajarlah untuk selalu melihat bahwa selalu ada sisi yang baik dalam sebuah kegagalan dan kesalahan.Mintalah selalu kasih Tuhan memenuhi hati Anda.Dan dengan kasih itulah Anda pasti akan dimampukan untuk menjadi berkat melalui perkataan pujian Anda kepada orang lain.

0 comments:

Post a Comment