ku mau selalu bersyukur

Friday, July 15, 2016

LAYANILAH DENGAN TULUS


1 Petrus 4:7-11 (TB)  Kesudahan segala sesuatu sudah dekat. Karena itu kuasailah dirimu dan jadilah tenang, supaya kamu dapat berdoa.
Tetapi yang terutama: kasihilah sungguh-sungguh seorang akan yang lain, sebab kasih menutupi banyak sekali dosa.
Berilah tumpangan seorang akan yang lain dengan tidak bersungut-sungut.
Layanilah seorang akan yang lain, sesuai dengan karunia yang telah diperoleh tiap-tiap orang sebagai pengurus yang baik dari kasih karunia Allah.
Jika ada orang yang berbicara, baiklah ia berbicara sebagai orang yang menyampaikan firman Allah; jika ada orang yang melayani, baiklah ia melakukannya dengan kekuatan yang dianugerahkan Allah, supaya Allah dimuliakan dalam segala sesuatu karena Yesus Kristus. Ialah yang empunya kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya! Amin.



Apabila kita berbicara tentang melayani,maka teladan yang paling luar biasa adalah Tuhan Yesus sendiri.Tuhan Yesus memberikan teladan pelayanan yang sempurna.Dia menjelaskan bahwa Dia tidak datang di bumi untuk dilayani melainkan untuk melayani serta untuk memberikan nyawaNya bagi kita.Yesus mengatakan bahwa "Barangsiapa ingin menjadi besar di antara kamu,hendaklah ia menjadi hambamu"(Matius 20:26-27).Yesus juga memberi teladan dengan mengambil ember berisi air dan handuk serta membasuh kaki murid-muridNya.Pada masa itu membasuh kaki tamu merupakan tanda penghormatan dan biasanya dilakukan oleh seorang hamba.Yesus melakukan hal itu sebagai contoh akan kasih dan pelayanan.
Sering kita berpikir bagaimana caranya untuk dapat melayani.Sebetulnya melayani tidak perlu rumit atau jauh-jauh,kita dapat melayani keluarga kita sendiri.Keluarga adalah unit paling penting dalam masyarakat sehingga apabila kita melayani keluarga kita dengan tulus,maka keluarga anda akan menjadi keluarga yang kokoh dan peduli dengan sesama.Suami dan istri dapat saling menyadari kebutuhan pasangannya dan saling menolong dalam pekerjaan rumah tangga,saling membantu dalam merawat anak-anak dan orang tua,serta saling mendukung dalam mengejar minat atau pencapaian karir pasangannya.Orang tua dapat melayani anak-anaknya dengan memenuhi kebutuhan fisik(seperti kebutuhan makanan,rumah dan pakaian)maupun kebutuhan jiwa mereka(seperti memberikan pengajaran rohani dan pengajaran sekolah,serta bermain dan mendukung minat anak-anaknya).Anak-anak dapat melayani kedua orang tuanya dengan menghormati orang tua,rajin belajar,saling membantu di antara kakak adik,dan menyenangkan hati kedua orang tuanya.Melayani keluarga kita dengan tulus dan hati yang penuh kasih sayang merupakan salah satu bahasa kasih yang dapat kita berikan kepada orang-orang yang kita kasihi.

0 comments:

Post a Comment