ku mau selalu bersyukur

Sunday, August 14, 2016

HATI YANG PERCAYA

TUHAN SUKA DENGAN ORANG YANG HATINYA PERCAYA KEPADA TUHAN.
I.   ARTI HATI YANG PERCAYA.
     1.   Hati yang percaya berarti MEMUTUSKAN untuk tinggal tenang dan percaya bahwa Tuhan pegang kendali.
     a.  2Tawarikh 20:1-3
   1. Setelah itu bani Moab dan bani Amon datang berperang melawan Yosafat bersama-sama sepasukan   orang Meunim.
  2. Datanglah orang memberitahukan Yosafat: "Suatu laskar yang besar datang dari seberang Laut Asin, dari Edom, menyerang tuanku. Sekarang mereka di Hazezon-Tamar," yakni En-Gedi.
  3. Yosafat menjadi takut, lalu mengambil keputusan untuk mencari TUHAN. Ia menyerukan kepada seluruh Yehuda supaya berpuasa.
      b. Ketika menghadapi ketakutan,orang yang hatinya percaya mengambil keputusan untuk mencari Tuhan.
              * Jangan tergesa-gesa bertindak untuk mengatasi masalah.
              * Inilah rahasia bisa tinggal tenang dan percaya.
              * Sebab iman dikobarkan ketika kita datang kepada Tuhan dalam doa.    
      c. Inilah doa Daud yang hatinya tinggal tenang dan percaya.
              * Mazmur 27:1-6
 1. Dari Daud. TUHAN adalah terangku dan keselamatanku, kepada siapakah aku harus takut? TUHAN adalah benteng hidupku, terhadap siapakah aku harus gemetar?
2. Ketika penjahat-penjahat menyerang aku untuk memakan dagingku, yakni semua lawanku dan musuhku, mereka sendirilah yang tergelincir dan jatuh.
3. Sekalipun tentara berkemah mengepung aku, tidak takut hatiku; sekalipun timbul peperangan melawan aku, dalam hal itupun aku tetap percaya.
4. Satu hal telah kuminta kepada TUHAN, itulah yang kuingini: diam di rumah TUHAN seumur hidupku, menyaksikan kemurahan TUHAN dan menikmati bait-Nya.
5. Sebab Ia melindungi aku dalam pondok-Nya pada waktu bahaya; Ia menyembunyikan aku dalam persembunyian di kemah-Nya, Ia mengangkat aku ke atas gunung batu.
6. Maka sekarang tegaklah kepalaku, mengatasi musuhku sekeliling aku; dalam kemah-Nya aku mau mempersembahkan korban dengan sorak-sorai; aku mau menyanyi dan bermazmur bagi TUHAN.

    2.  Hati yang percaya berarti berani percaya kepada Tuhan TURUT BEKERJA dalam segala perkara untuk mendatangkan kebaikan !!!
    a. 2 Tawarikh 20:12
        Ya Allah kami, tidakkah Engkau akan menghukum mereka? Karena kami tidak mempunyai kekuatan untuk menghadapi laskar yang besar ini, yang datang menyerang kami. Kami tidak tahu apa yang harus kami lakukan, tetapi mata kami tertuju kepada-Mu."
     b. Kuncinya;MATA YANG TERTUJU KEPADA TUHAN.
    3.  Hati yang percaya berarti BERGANTUNG penuh pada Tuhan (total Dependency on God)
      a. 2 Tawarikh 20:20
          Keesokan harinya pagi-pagi mereka maju menuju padang gurun Tekoa. Ketika mereka hendak berangkat, berdirilah Yosafat, dan berkata: "Dengar, hai Yehuda dan penduduk Yerusalem! Percayalah kepada TUHAN, Allahmu, dan kamu akan tetap teguh! Percayalah kepada nabi-nabi-Nya, dan kamu akan berhasil!"
       b.  Ketika kita bergantung penuh kepada Tuhan,maka kita akan teguh dan berhasil.

II.   KUASA HATI YANG PERCAYA.
       a.  2 Tawarikh 20:22-26
           
22. Ketika mereka mulai bersorak-sorai dan menyanyikan nyanyian pujian, dibuat TUHANlah penghadangan terhadap bani Amon dan Moab, dan orang-orang dari pegunungan Seir, yang hendak menyerang Yehuda, sehingga mereka terpukul kalah.
23. Lalu bani Amon dan Moab berdiri menentang penduduk pegunungan Seir hendak menumpas dan memunahkan mereka. Segera sesudah mereka membinasakan penduduk Seir, mereka saling bunuh-membunuh.
24. Ketika orang Yehuda tiba di tempat peninjauan di padang gurun, mereka menengok ke tempat laskar itu. Tampaklah semua telah menjadi bangkai berhantaran di tanah, tidak ada yang terluput.
25. Lalu Yosafat dan orang-orangnya turun untuk menjarah barang-barang mereka. Mereka menemukan banyak ternak, harta milik, pakaian dan barang-barang berharga. Yang mereka rampas itu lebih banyak dari pada yang dapat dibawa. Tiga hari lamanya mereka menjarah barang-barang itu, karena begitu banyaknya.
26. Pada hari keempat mereka berkumpul di Lembah Pujian. Di sanalah mereka memuji TUHAN, dan itulah sebabnya orang menamakan tempat itu Lembah Pujian hingga sekarang.

         b.  Hati yang percaya membuat limbah air mata besar diubah Tuhan menjadi limbah pujian besar.










          

0 comments:

Post a Comment