ku mau selalu bersyukur

Sunday, April 10, 2022

MENGENAL TUHAN MELALUI FIRMAN DAN PENGALAMAN PRIBADI

 MINGGU,10 APRIL 2022



_BERAKAR DAN BERBUAH_


MENGENAL TUHAN MELALUI FIRMAN DAN PENGALAMAN PRIBADI


RHEMA HARI INI

Mazmur 139:23-24 Selidiki aku ya Allah, kenallah hatiku, ujilah aku dan kenallah pikiran-pikiranku; lihatlah, apakah jalanku serong, dan tuntunlah aku di jalan yang kekal!


Don Moen, hampir tidak ada orang Kristen yang tidak pernah mendengar namanya. Ia dianggap sebagai pelopor musik ibadah modern. Pada usia 12 tahun, ia menggarisbawahi sebuah ayat pada Mazmur 27:4, "Satu hal telah kuminta kepada Tuhan, itulah yang kuingini; diam di rumah Tuhan seumur hidupku, menyaksikan kemurahan Tuhan dan menikmati bait-Nya." 

Selama tiga dekade, ayat ini menjadi dasar pelayanannya. Ia percaya bahwa Tuhan akan menunjukkan jalan kepadanya. Don Moen pun meyakini, kesuksesan pelayanannya tidak terlepas dari pertolongan Tuhan. Selain doa-doa dan ayat-ayat firman Tuhan yang ditulisnya menjadi lagu penyembahan, beberapa lagunya, seperti “God Will Make A Way” dan “I Will Sing”, terinspirasi dari pengalaman kehidupannya sendiri dengan Tuhan. 


Kisah Doen Moen tidak berbeda jauh dengan Daud, pemazmur yang begitu disenangi Tuhan. Daud adalah pribadi yang mengenal Tuhan dan terus berusaha untuk mengenal Tuhan lebih dalam lagi. Sehingga, hidupnya mengalami banyak pengalaman bersama Tuhan. Tidak heran jika beberapa pasal di Mazmur yang kita kenal adalah berdasarkan pengalaman pribadinya bersama Tuhan, sehingga menjadi kesaksian akan kehebatan Tuhan yang begitu luar biasa dalam hidup Daud.


Kehidupan mereka mengajarkan kita untuk berusaha mengenal Tuhan secara mendalam melalui fiman dan pengalaman pribadi kita bersama-Nya. Itu bisa didapatkan dengan belajar lewat firman Tuhan, menggali lebih dalam setiap kebenaran-Nya serta merenungkannya siang dan malam. Semakin kita mengenal hati dan kebaikan Tuhan, hati kita pun akan dilimpahi dengan pujian yang tulus kepada-Nya, sehingga penyembahan kita tidak mungkin menjadi penyembahan yang biasa-biasa saja. Saat kita menjadi penyembah yang bisa menggugah hati Tuhan, kita pun akan mengalami mujizat penyembahan. Kehidupan kita akan menjadi kesaksian, bukan hanya untuk kita sendiri, tetapi juga menguatkan orang-orang yang kita kenal. 


RENUNGAN

Kenali Tuhan secara *MENDALAM* melalui pendalaman *FIRMAN TUHAN* dan *PENGALAMAN PRIBADI* berjalan bersama Tuhan.


APLIKASI

1. Bagaimana cara Anda membangun pengenalan akan Tuhan yang mendalam selama ini?

2. Menurut Anda, mengapa firman Tuhan dan pengalaman pribadi dapat membuat kita mengenal Tuhan?

3. Apa langkah yang akan kita ambil agar dapat mengenal Tuhan secara mendalam?


DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan, kami sungguh rindu mengenal Engkau lebih dalam lagi. Sehingga, setiap langkah dan apa pun yang kami kerjakan, seturut dengan kerinduan dan kehendak-Mu. Biar hidup kami menjadi kesaksian di mana pun kami berada. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”


BACAAN ALKITAB SETAHUN

Mazmur 137-139

1 Korintus 13

Di tepi sungai-sungai Babel

Mazmur 137:1-9

1 Di tepi sungai-sungai Babel, di sanalah kita duduk sambil menangis, apabila kita mengingat Sion. 

2 Pada pohon-pohon gandarusa di tempat itu kita menggantungkan kecapi kita. 

3 Sebab di sanalah orang-orang yang menawan kita meminta kepada kita memperdengarkan nyanyian, dan orang-orang yang menyiksa kita meminta nyanyian sukacita: "Nyanyikanlah bagi kami nyanyian dari Sion!" 

4 Bagaimanakah kita menyanyikan nyanyian TUHAN di negeri asing? 

5 Jika aku melupakan engkau, hai Yerusalem, biarlah menjadi kering tangan kananku! 

6 Biarlah lidahku melekat pada langit-langitku, jika aku tidak mengingat engkau, jika aku tidak jadikan Yerusalem puncak sukacitaku! 

7 Ingatlah, ya TUHAN, kepada bani Edom, yang pada hari pemusnahan Yerusalem mengatakan: "Runtuhkan, runtuhkan sampai ke dasarnya!" 

8 Hai puteri Babel, yang suka melakukan kekerasan, berbahagialah orang yang membalas kepadamu perbuatan-perbuatan yang kaulakukan kepada kami! 

9 Berbahagialah orang yang menangkap dan memecahkan anak-anakmu pada bukit batu! 

Nyanyian syukur atas pertolongan TUHAN

Mazmur 138:1-8

1 Dari Daud. Aku hendak bersyukur kepada-Mu dengan segenap hatiku, di hadapan para allah aku akan bermazmur bagi-Mu. 

2 Aku hendak sujud ke arah bait-Mu yang kudus dan memuji nama-Mu, oleh karena kasih-Mu dan oleh karena setia-Mu; sebab Kaubuat nama-Mu dan janji-Mu melebihi segala sesuatu. 

3 Pada hari aku berseru, Engkau pun menjawab aku, Engkau menambahkan kekuatan dalam jiwaku. 

4 Semua raja di bumi akan bersyukur kepada-Mu, ya TUHAN, sebab mereka mendengar janji dari mulut-Mu; 

5 mereka akan menyanyi tentang jalan-jalan TUHAN, sebab besar kemuliaan TUHAN. 

6 TUHAN itu tinggi, namun Ia melihat orang yang hina, dan mengenal orang yang sombong dari jauh. 

7 Jika aku berada dalam kesesakan, Engkau mempertahankan hidupku; terhadap amarah musuhku Engkau mengulurkan tangan-Mu, dan tangan kanan-Mu menyelamatkan aku. 

8 TUHAN akan menyelesaikannya bagiku! Ya TUHAN, kasih setia-Mu untuk selama-lamanya; janganlah Kautinggalkan perbuatan tangan-Mu! 

Doa dihadapan Allah yang maha tahu

Mazmur 139:1-24

1 Untuk pemimpin biduan. Mazmur Daud. TUHAN, Engkau menyelidiki dan mengenal aku; 

2 Engkau mengetahui, kalau aku duduk atau berdiri, Engkau mengerti pikiranku dari jauh. 

3 Engkau memeriksa aku, kalau aku berjalan dan berbaring, segala jalanku Kaumaklumi. 

4 Sebab sebelum lidahku mengeluarkan perkataan, sesungguhnya, semuanya telah Kauketahui, ya TUHAN. 

5 Dari belakang dan dari depan Engkau mengurung aku, dan Engkau menaruh tangan-Mu ke atasku. 

6 Terlalu ajaib bagiku pengetahuan itu, terlalu tinggi, tidak sanggup aku mencapainya. 

7 Ke mana aku dapat pergi menjauhi roh-Mu, ke mana aku dapat lari dari hadapan-Mu? 

8 Jika aku mendaki ke langit, Engkau di sana; jika aku menaruh tempat tidurku di dunia orang mati, di situ pun Engkau. 

9 Jika aku terbang dengan sayap fajar, dan membuat kediaman di ujung laut, 

10 juga di sana tangan-Mu akan menuntun aku, dan tangan kanan-Mu memegang aku. 

11 Jika aku berkata: "Biarlah kegelapan saja melingkupi aku, dan terang sekelilingku menjadi malam," 

12 maka kegelapan pun tidak menggelapkan bagi-Mu, dan malam menjadi terang seperti siang; kegelapan sama seperti terang. 

13 Sebab Engkaulah yang membentuk buah pinggangku, menenun aku dalam kandungan ibuku. 

14 Aku bersyukur kepada-Mu oleh karena kejadianku dahsyat dan ajaib; ajaib apa yang Kaubuat, dan jiwaku benar-benar menyadarinya. 

15 Tulang-tulangku tidak terlindung bagi-Mu, ketika aku dijadikan di tempat yang tersembunyi, dan aku direkam di bagian-bagian bumi yang paling bawah; 

16 mata-Mu melihat selagi aku bakal anak, dan dalam kitab-Mu semuanya tertulis hari-hari yang akan dibentuk, sebelum ada satu pun dari padanya. 

17 Dan bagiku, betapa sulitnya pikiran-Mu, ya Allah! Betapa besar jumlahnya! 

18 Jika aku mau menghitungnya, itu lebih banyak dari pada pasir. Apabila aku berhenti, masih saja aku bersama-sama Engkau. 

19 Sekiranya Engkau mematikan orang fasik, ya Allah, sehingga menjauh dari padaku penumpah-penumpah darah, 

20 yang berkata-kata dusta terhadap Engkau, dan melawan Engkau dengan sia-sia. 

21 Masakan aku tidak membenci orang-orang yang membenci Engkau, ya TUHAN, dan tidak merasa jemu kepada orang-orang yang bangkit melawan Engkau? 

22 Aku sama sekali membenci mereka, mereka menjadi musuhku. 

23 Selidikilah aku, ya Allah, dan kenallah hatiku, ujilah aku dan kenallah pikiran-pikiranku; 

24 lihatlah, apakah jalanku serong, dan tuntunlah aku di jalan yang kekal! 

Kasih

1 Korintus 13:1-13

1 Sekalipun aku dapat berkata-kata dengan semua bahasa manusia dan bahasa malaikat, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama dengan gong yang berkumandang dan canang yang gemerincing.

2 Sekalipun aku mempunyai karunia untuk bernubuat dan aku mengetahui segala rahasia dan memiliki seluruh pengetahuan; dan sekalipun aku memiliki iman yang sempurna untuk memindahkan gunung, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama sekali tidak berguna.  

3 Dan sekalipun aku membagi-bagikan segala sesuatu yang ada padaku, bahkan menyerahkan tubuhku untuk dibakar, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, sedikit pun tidak ada faedahnya bagiku.

4 Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong. 

5 Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain.

6 Ia tidak bersukacita karena ketidakadilan, tetapi ia bersukacita karena kebenaran. 

7 Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu.

8 Kasih tidak berkesudahan; nubuat akan berakhir; bahasa roh akan berhenti; pengetahuan akan lenyap. 

9 Sebab pengetahuan kita tidak lengkap dan nubuat kita tidak sempurna. 

10 Tetapi jika yang sempurna tiba, maka yang tidak sempurna itu akan lenyap. 

11 Ketika aku kanak-kanak, aku berkata-kata seperti kanak-kanak, aku merasa seperti kanak-kanak, aku berpikir seperti kanak-kanak. Sekarang sesudah aku menjadi dewasa, aku meninggalkan sifat kanak-kanak itu.

12 Karena sekarang kita melihat dalam cermin suatu gambaran yang samar-samar, tetapi nanti kita akan melihat muka dengan muka. Sekarang aku hanya mengenal dengan tidak sempurna, tetapi nanti aku akan mengenal dengan sempurna, seperti aku sendiri dikenal. 

13 Demikianlah tinggal ketiga hal ini, yaitu iman, pengharapan dan kasih, dan yang paling besar di antaranya ialah kasih.

📽 *Video ReKA INDONESIA:*

https://youtu.be/xb3rZ19kIPg


📽 *Video ReKA INGGRIS:*



▶ *Baca dan dengarkan  & Bacaan Alkitab Setahun di:*

https://gbika.org/reka10april2022


*Dapatkan berbagai kebutuhan rohani Anda melalui*

https://gbika.org/live/


*Ikuti Pondok Daud online 24 jam di*

https://gbika.org/channelpondokdaud


🌈 *Renungan Anak Keluarga Allah* _(video dan aktivitas)_

🍭 *RAKA Joyful (9-12 tahun)*

https://gbika.org/rakajoyful10april2022/

🍭 *RAKA Happy (4-8 tahun)*

https://gbika.org/rakahappy10april2022/


GBI Keluarga Allah Global Cell Church

www.gbika.org | 0899-789-5000

❤ Love God, 💓Love People, 🔥with Passion

0 comments:

Post a Comment